Thursday, April 12, 2012

Gempa Bumi Mengguncang Aceh dan Berpotensi Tsunami

Gempa Bumi 8,5 SR Aceh Berpotensi Tsunami. Dimana telah terjadi gempa bumi 8,5 SR aceh sumatera utara 2012. Gempa aceh tersebut Diprediksikan bisa mengakibatkan gelombang tsunami. Berbeda dengan gempa bumi aceh januari silam. Gempa Bumi 8,5 SR Aceh Sumatera Utara tepatnya di kabupaten Simeulue terjadi sore tadi pukul 15:38:29 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya Gempa Bumi Aceh dan telah terjadi Gempa Bumi 8,9 SR, dan Gempa Bumi Susulan 8,5 SR, dengan kedalaman 10 KM. Pusat Gempa Bumi berlokasi 2.40 LU-92.99 BT di kabupaten Simeulue Nangroe Aceh Darussalam. dengan terjadinya Gempa Bumi, BMKG menyatakan Aceh, Sumatra Utara dan Sumatra Barat / Padang berstatus awas, untuk itu warga diharapkan untuk tetap waspada.
Gempa bumi berkekuatan 8,5 skala richter di Aceh tak berpengaruh pada aktivitas bandara Iskandar Muda Banda Aceh. Semua penerbangan tetap berjalan. Begitu juga dengan Polonia, Medan.
“Tidak ada perubahan penerbangan dari dan kew Bandara Iskandar Muda Banda Aceh,” kata Humas Kemenhub Bambang S. Ervan kepada detikcom, Rabu (11/4/2012).
Menurut Bambang, aktivitas di bandara Polonia Medan juga tak berubah. Bahkan tak lama setelah gempa sudah diberangkatkan pesawat Garuda Indonesia dari Medan ke Aceh.
“Beberapa saat yang lalu sudah terbang pesawat Garuda dari Bandara Polonia Medan ke Iskandar Muda, Banda Aceh,” terangnya.
Sebelumnya gempa 8,5 SR mengguncang Aceh. Tak lama berselang, gempa susulan sebesar 6,5 SR dan 6,1 SR juga terjadi.
Gempa besar berkekuatan 8,5 SR dirasakan di Wilayah utara Pulau Sumatera. Gempa berukuran besar ini memicu alarm tsunami.
Informasi dari BMKG, Rabu (11/4/2012), gempa ini telah memicu alarm tsunami.
Belum ada laporan selanjutnya tentang adanya korban jiwa atau materi akibat gempa ini. Gempa bumi aceh ini terasa medan dan Aceh.
Pusat gempa berada di Samudera Hindia 432 km barat Sinabang, 527 km barat daya Banda Aceh. Kedalaman pusat gempa 10 km di bawah permukaan laut.
Tuliskan Komentar Anda:

0 komentar:

Post a Comment